05 Januari 2009

OLAP dan Analisis Data

Apa Itu OLAP?

OLAP adalah singkatan dari On-Line Analytical Processing. Konsep ini pertama kali diusulkan oleh E.F. Codd, bapak dari basis data relasional. Secara mendasar OLAP adalah sebuah metode untuk melakukan analisis terhadap data yang terdapat dalam media penyimpanan (basis data) dan kemudian menyajikan laporan sesuai permintaan user.

Mengapa Harus Memakai OLAP?

Tidak ada yang mengharuskan Anda memakai OLAP. Tapi, jika Anda menginginkan menganalisis data secara cepat, atau Anda ingin mendapatkan data dengan format yang sering berubah sesuai keinginan Anda mungkin OLAP dapat Anda jadikan alat bantu. OLAP menampilkan data secara dinamis, dan secara otomatis meringkas data ke dalam irisan-irisan data yang berbeda. User diizinkan untuk merotasi data, menelusuri dan meringkas data, dan membuat laporan sesuai keinginan user dengan hanya menggunakan manipulasi mouse.

Bagaimana Cara Kerja OLAP?

OLAP bekerja dengan mengelompokkan data ke dalam kelompok-kelompok yang memiliki kesamaan dengan mengadopsi model kubus (cube) yang merupakan representasi multidimensi dari data. Sesuai filosofi kubus, Anda hanya dapat melihat paling banyak 3 (sisi) dalam satu waktu, OLAP memiliki 3 (tiga) komponen, yaitu :

1. Dimension (Dimensi)
Dimension adalah sebuah garis (axis) atau poros yang merupakan kelompok-kelompok data. Seperti pada sistem koordinat Cartesian xyz, Anda dapat membayangkan bahwa dimensi merupakan sumbu x dan y.

2. Time Dimension (Dimensi Waktu)
Lho, ini kan juga dimensi? Apa bedanya dengan yang di atas? Sebenarnya sama saja :) Saya pisahkan agar kita bisa membayangkan dimensi ini sebagai sumbu z pada sistem koordinat Cartesian xyz. Dimensi ini merupakan tipe khusus dari dimensi yang didefenisikan sebagai detail waktu dari sebuah peristiwa/kejadian.

3. Measures (Ukuran/Nilai)
Adalah sesuatu yang dapat diukur dan mempunyai nilai. Contoh : Pendapatan rata-rata karyawan dan jumlah penjualan.

Contoh Implementasi OLAP
Teknologi secanggih apapun tidak akan bermanfaat bagi manusia jika tidak diimplementasikan. Berikut ini adalah screenshot aplikasi YaMT yang merupakan aplikasi sederhana untuk implementasi OLAP dalam bisnis asuransi kesehatan :

Gbr. 1 : Collapse Row and Columns



Gbr. 2 : Expand Row and Columns



Gbr. 3 : Swap Row and Columns



Gbr. 4 : Add Row Dimension


Dari gambar-gambar di atas dapat dilihat bahwa dengan OLAP kita dapat melihat data dengan berbagai cara dan membuat laporan sesuai dengan keinginan kita dengan mudah.

Selanjutnya? Terserah Anda... :p Life is in Your Hand...

3 komentar:

Anonim mengatakan...

hmmm..
tengkyu olap nya..
cuma aku belum bisa kerjain ni..gaptek benerrr....

Anonim mengatakan...

Sangat berkelas sekali.....sebagai orang yang awam dengan teknologi informasi masa kini, saya sangat ingin sekali belajar sama Anda..teruslah berbagi ilmu-ilmunya buat kami

Anonim mengatakan...

ehm...ehm....menarik, pgn dicb, bs bt kepesertaan jg kan? ato mala pjkmu? pusing mas setiap minta laporan manual mulu, heheheh...